>

10 Fakta Menarik Tentang Emas


Aneh2 dan unik2 - Emas memang menjadi barang yang tidak terlepas dari kemewahan,pada jaman sekarang emas di gunakan tidak hanya untuk pembayaran,melainkan untuk dijadikan aksesoris...


Sejarah membuktikan nilai emas slalu stabil

Sepanjang satu dekade ini,nilai emas meningkat tajam dari USD 279 per ons ditahun 2000 menjadi USD 1300 per ons pada pertengahan 2010.Meskipun pada masa tahun 1883-1918,harga emas sempat sangat lambat meningkat.Hanya 6 sen dari USD 18,93 per ons.Pada 1933-1967 ketika krisis ekonomi melanda,harga emas tetap meningkat walaupun cuma 26 sen per ons.

Emas bisa diregangkan hingga bermil-mil

Tekstur emas sangat lembut dan lunak hingga satu ons emas bisa diregangkan hingga membentuk kabel sepanjang 50 mil.Emas juga bisa di gepengkan menjadi lembaran tipis seluas 100 kaki persegi.

Lembut namun berat


Dibalik kelembutannya,emas sangat padat dan berat dimana satu kubik perseginya berbobot hingga setengah ton.

Terpisah dari tanah

Sekarang untuk mendapatkan emas tidak dengan menggali tambang hingga kedalam perutbumi lagi.Bongkahan tanah dikikis dari gunung hingga tinggal butiran secara alami menggunakan aliran air.

Tercipta di supernova

Tak ada yang pernahtahu persis dari apa emas tercipta,namun dapat dipastikan elemen logam muncul dariledakan bintang.Namun ledakan ini hanya mampu ciptakan besi.Nomor atom besi 26 sementara emas79.Untuk menghasilkan elemen logam mulia seperti emas,butuh energi luar biasa seperti ledakan supernova.

Sebagian besar emas jadi perhiasan

Menurut World Gold Council,sekitar 70% hasil emaas dunia dibuat jadi perhiasan.Hanya 13% yang jadi koin untuk bank negara atau dibeli investor.Sisanya di gunakan untuk bermacam-macam misalnya industri dan peralatan dokter gigi.

Istilah karat berasal dari buah

Karat yang biasa digunakan sebagai ukuran dari kemurnian emas,sebenarnya berasal dari ukuran berat buah.Dinamakan karat karna buah dari polong-polongan bernama carob ini beratnya sekitar 1/5 gram per polongnya.

Digunakan pada alat elektronik

Emas nayak digunakan oleh produsen elektronik karna ketahanannya terhadap suhu tinggi dan konduksi listrik yang baik.Emas merupakan material yang efisien untuk kabel dan stop kontak.

Berkontribusi terhadap terpuruknya sebuah negara

Kerajaan Spanyol sempat terpuruk akibat stok emas dan perak berlebih pada masa 1492-1600.Spanyol tidak menggunakan stok logam mulia ini untuk produksi yang bermanfaat dan memperoleh keuntungan.Sebaliknya emas ini digunakan untuk membeli barang-barang impor.

Punya banyak warna

Warna asli emas kekuningan seperti matahari.Namun ketika di campur dengan logam lain seperti perak,tembaga,nikel,platinum,palladium,tellurium dan besi,emas bisa menghasilkan warna yang luar biasa bervariasi.

aneh2-unik2
 
 

© Bluberry Template Copyright by Aneh2 dan Unik2

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks